sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Apa itu Knalpot Bobokan

4 min read

Buat pengguna knalpot lovers mungkin sebagian udah pada tahu apa itu knalpot bobokan ..? tapi sebagian orang ada yang baru mendengar istilah knalpot bobokan, lalu apa itu knalpot bobokan..? yuk simak detailnya dibawah ini , karena mimin mau sharing lebih detail mengenai knalpot bobokan.

Oiya sebelum membahas mengenai knalpot bobokan bahwa knalpot yang ada di indonesia ini ada 3  macam jenisnya , diantataranya yaitu :

  1. Knalpot Standard  = suara yang di hasilkan tidak berisik dan aman dari razia polisi karena emang knalpot standard pabrik sesuai emisi peraturan pemerintah.
  2. Knalpot Racing =  memiliki desain yang macam2, ada yg tabungnya bentuknya oval , bulat, silincernya panjang , dll  dan memiliki suara yang khas ,ada yg ngebas, gahar, keras , berisik dan bisa ningkatin peforma tapi kurang aman saat melewat razia polisi,tapi kalau pake db killer kadang2 suka aman razia polisi , pake knalpot racing tridente juga sama , kalau pas lagi bejo yo bisa lolos razia polisi.
  3. Knalpot Bobokan  = memiliki bentuk knalpot standard ori , hanya bagian sekat di dalam knalpotnya di lepas alias loss sehingga memiliki suara yang agak berisik ketika di gas full , dan umumnya kalau tidak terllau berisik aman dari razia polisi karena bentuknya emang benar benar ori,oiya untuk knalpot bobokan biasanya yang sering di bobok adalah knalpot honda beat, satria fu ,scoopy, tiger, dan lain sebagainya .

Pengertian Knalpot Bobokan

Knalpot bobokan adalah adalah istilah knalpot standard yang sudah di modifikasi /skat skat yang di dalam silincernya di buang/lubang diameternya di besarin /bagian katalist (peredam) di dalam silincernya di lepas sehingga akan menghasilkan suara yang lebih besar saat di gas full di bandingkan knalpot standardnya. mas bro bisa lihat dibawah ini isi dalamnya knalpot standard mulai dari motor yamaha 15 , vario , honda beat, Sonic , MX king 150 ,

Dalamnya Knalpot Standard
Isi dalamnya knalpot standard r15
Isi dalamnya knalpot standard r15
Isi dalamnya knalpot sonic
Isi dalamnya knalpot mx king 150

Isi dalamnya knalpot standard pabrik

Isi dalamnnya knalpot matic
Isi dalamnya knalpot beat

 

Isi dalamnya knalpot beat

Mas bro bisa perhatikan gambar2 Isi dalamnya knalpot standard diatas dimana hampir semua knalpot memiliki peredam sebelum gas buang di teruskan ke ujung knalpot, selain itu agar menghasilkan suara yang adem , ramah lingkungan , tidak berisik alur pipa knalpot juga dibuatkan skat2 jadi gas buang tidak langsung di buang begitu aja tapi kalau liat dari gambar diatas , gas buang di puter2 dulu di dalam knalpot standard.

Oiya orang membobok knalpot standardnya di karenakan biaya yang di keluarkan lebih murah dibandingkan harus membeli knalpot racing , untuk biaya pembuatan knalpot bobokan bisa di lakukan di bengkel knalpot bisa juga di lakukan sendiri kalau udah paham ilmunya dan punya alat2 lengkapnya seperti gerinda, las,dan komponen knalpot seperti pipa dan saringan knalpot. Biayanya berkisar 150 ribu sampai 250 ribuan.

Apa itu knalpot mber?

Knalpot Mberr sebenarnya cuman istilah aja dari knalpot ori /standard yang di bobok karena emang memiliki suara yang khass  , saat tidak di gas suara knalpot biasanya menghasilkan suara yang tidak terlalu berisik masih sedikit adem, tapi saat di gas full biasanya akan menghasilkan suara yang lumayan agak keras, kemudian pas gas di turunkan bunyi mberrrr mberr ,makanya disebut dengan istilah knalpot mber .

Cara Membobok knalpot standard

Untuk cara membobok knalpot mas bro bisa langsung aja datang ke bengkel knalpot yang ada di kotamu ,atau jika mas bro memiliki alat2 seperti gerinda dan las maka bisa di lakukan sendiri, berikut ini untuk tutorial lengkapnya .

Siapkan knalpot dan Potong Menggunakan Gerinda

Potong bagian ujung muffler knalpot yang akan di bi bobok , pemotongan bisa menggunakan gerinda dan pastikan untuk selalu safety , gunakan kaca mata agar bekas logam2 tidak lagnsung ke mata kita. Gunakan mata gerinda yang masih baru agar proses gerinda knalpotnya lebih cepat .

Bersihkan Moncong knalpotnya 

Setelah terpotong maka mas bro bisa bersihkan bekas gas buang yang ada di bagian moncong knalpot , bisa menggunakan kuas atau alat lainnya sehingga kerak2 bersih total.

Pelepasan Saringan + Peredam Knalpot (Catalis)

Pross selanjutnya yaitu mas bro bisa mencopot sekat sekat yang ada di dalam silincernya dan melepas juga pada bagian saringan + peredam knalpot (katalis) , hal ini bertujuan agar menghasilkan suara yang mantab, selain itu juga kita nantinya akan memodifikasi pipa di dalamnya menggunakan ukuran yang sedikit lebih besar, simak fotonya ada dibawah ini

Ganti Pipa berukuran besar dan pembuatan saringan knalpot

Selanjutnya pada bagian moncongnya pipa ori di copot menggunakna las, lalu siapkan pipa yang sedikit berukuran lebih besar dibandingkan orinya , intinya diameter pipanya di gedein tujuannya agar menghasilkan suara yang mantab ,garing , nyaring enak.

Ukur saringan knalpot dan pipa jangan sampe kepanjangan

Untuk pengukuran pipa dan saringan knalpot usahakan pas , jangan terlalu panjang agar nantinya tidak membuat bahan sia sia , Berikut ini panampakan saringan ori dan pipa diameter yang di besarkan agar suaranya mantab ajib.

Untuk video lengkapnya mas bro bisa simak dibawah ini yak

Efek pengaruh pake knalpot bobokan

Setelah pemasangan knalpot bobok di mesin yg standard apakah ada efek atau pengaruh untuk mesin ..? jawabannya adaalah tidak ada pengaruh pada mesin , hanya suaranya aja yang berisik, kalau misalnya ada yang mengatakan bahwa knalpot bobokan bisa merusak mesin tentunya kurang tepat , sedangkan penggunaan knalpot standard pun kadang mesin rusak sendiri yg jelas dari pengalaman saya pribadi penggunaan knalpot yang sudah gak standard jangan sampe telat ganti oli aja , selalu ganti oli 1500 km atau cek kondisi oli apakah masih atau sudah habis. Yang di takutkan adalah penggunaan dengan karakter geber2 gas terus, high rpm tinggi, terus jarang ngecek kondisi oli ternyata olinya berkurang atau habis nah ini yang menyebabkan mesin rusak, tapi jika tidak telat ganti oli secara berkala mau berapa tahun aja motor tetep awet kok , kuncinya adalah ganti oli jangan sampe telat.

Selain hal di atas yang di rasakan, knalpot bobokan karena dia jadi free flow tidak ada hambatan atau sekat yang di rasakan tarikan lebih cepat naik , gas buang berasa tidak ada tendangan balik karena emang pipa gas buangnya langsung los los .

Apakah bikin boros knalpot bobokan…?

Emm jawabannya betul sekali , ya gak boros2 banget sih untuk konsumsi bbmnya hanya saja sedikit lebih boros dibandingkan dengan menggunakan knalpot standard ,alasannya …?  knalpot bobokan umumnya sudah tidak memiliki sekat dan peredam sehingga gas buang langsung keluar secara los hampir sama dengan knalpot racing , tapi yang membedakan adalah knalpot bobokan bentuknya standard ori ,leheran masih ori , hanya bagian dalamnya yg di rubah pipa diameternya di bkin sedikit lebih besar dan penambahan saringan knalpot.

Berapa harga bobok knalpot BeAt atau motor lainnya.

Untuk harganya sendiri kalau misalnya mas bro mau bikin knalpot bobokan biasanya lebih terjangkau di bengkel bengkel knalpot, untuk jasa bikin knalpot bobokan biasanya berkisar 150 ribu sampai 300.000 tergantung bengkel knalpotnya.

Kalau misalnya mau di tambahin glaswool juga bisa agar suaranya lebih enak, ngebas, adem, mantab caurr pokoknya.

Apakah Knalpot bobokan kena tilang..?

Sebenarnya membahas mengenai knalpot bobokan /knalpot racing itu bisa lolos dari tilang gak sih ..? jawabannya adalah tergantung polisi dan takdir wkkw :v kalau misalnya pas lagi bejo yo bisa jadi mas bro lolos dari razia tilangan polisi tapi kalau pas lagi gak bejo yo bisa kena tilang.

Artikel lengkap mengenai hal tersebut mas bro bisa baca di artikel saya lainnya > Apakah Pake Knalpot Racing Kena Tilang di halaman tersebut saya menyebutkan bahwa aturan disibel knalpot untuk motor 150 cc jika dibawah 80 db itu artinya masih aman ,karena suara yang di hasilkan tidak terllau berisik tapi misalnya knalpot bobokan tersebut memiliki suara lebih dari 80 db ya bisa jadi kena tilang. Tapi walaupun begitu tetep aja polisi yang kupingnnya peka walaupun bentuk knalpot standard bisa kena tilang juga soal e saya punya teman wkkw punya knalpot satria fu di bobok suaranya jadi mirip2 knalpot racing sih agak berisik ,terus ada razia yo ke sikat juga tuh sama polisi wkkw akhirnya sidang deh.

 

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP