sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Apa Efek Pakai Knalpot Racing ..?

7 min read

Sedangkan untuk knalpot racing itu terdiri pipa dengan diamter tabung biasanya 89 mm , kemudian saringan ,terus ada glaswool dan terakhir ada endcup atau tutup silincernya. di mana perbedaan yang sangat terlihat di bandingkan knalpot standard yaitu knalpot racing ini tidak ada sekat sama sekali hanya ada saringan knalpot saja makanya suara yang di hasilkan pun keras , berisik dan menggelegar.

OK sekarang kita sudah bisa membedakan ya knalpot standard dengan knalpot racing , perbedaanya yaitu terletak di dalam silincernya, jika knalpot standard terdapat sekat2 yang membuat suara menjadi lebih adem, tapi kalau knalpot racing itu tidak ada sekat sama sekali alias free flow sehingga suaranya kerass.

Oiya kita lanjutkan pembahasan mengenai efek menggunakan knalpot racing , sebenarnya menurut pengalaman mimin sendiri yang sudah bolak balik ganti knalpot standard ke racing, dari racing ke standard ada beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya dibawah ini :

Oiya motor mimin pake yamaha jupiter mx king 150 dan new vixion , untuk knalpotnya pake spartan GP 3 suara buat harian , kalau buat balap pake merek ROB1

Kelebihan dan Kekurangan Pake Knalpot Racing

Dibawah ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadiku dan beberapa pendapat mereka para pengguna knalpot racing lainnya, jadi sebelum mas bro memutuskan untuk mengganti knalpot racing beberapa kelebihan dan kekurangan dibawah ini bisa jadi bahan pertimbangan ya

Kelebihan Menggunakan Knalpot Racing

  • Yang paling kerasa saat kita mengganti knalpot racing adalah tenaga motor auto kerasa lebih bertenaga, Performa motor menjadi lebih agresif, responsif, putaran rpm bawah tenaganya lebih berasa , begitu juga rpm atasnya tenaganya tetep ngisi pokoknya mantab bet
  • Untuk motor 150 cc 1 silinder mungkin pake knalpot racing kurang begitu merdu wkwkw, tapi jika motornya sudah menggunakan mesin 2 silinder unchh suara nya terdengar sangat merdu apa lagi di geber di rpm tinggi rasanya nagihhh pengen ngegas ngegass terus wkwkw. Untuk motor 4 silinder apa lagi behh pengen gas terus wkkwk
  • Saat kita mau menyalip atau sedang buru2 maka pengendara yang ada di depan akan lebih waspada dan minggir sehingga kita lebih gampang menyalip
  • Saat digunakan untuk touring jadi tidak ngantuk
  • Lebih suka geber2 di jalan saat ada pengendara lain yg melakukan kesalahan atau ngambil jalur kita.
  • Suka Geber2 di jalan Underpass wkwkkw
  • Leheran knalpot tidak gampang karatan /keropos walaupun penggunaan jangka panjang karena bahan yang digunakan biasanya menggunakan bahan stainless steel dan juga ada bahan titanium

Kekurangan Menggunakan Knalpot Racing

  • Suara knalpot motor kita menjadi jauh lebih berisik dan kurang nyaman saat di kendarai apa lagi kita tinggal di perumahan dan saat pulang malam hari.
  • Auto kena tilang pak polisi kalau ketemu razia hahaha siap2 250 ribu dan disuruh ganti knalpot orinya
  • Kalau kita sedang ngobrol dengan boncenger yang ada di belakang ,maka  suara teman ngobrol kita yang di belakang tidak terdengar begitu jelas karena kalah sama suara knalpot racingnya
  • Kadang kalau kita gak bisa mengkontrol nafsu , misal suka geber2 knalpot di jalan umum kwwkkw biasanya ada pengguna motor lain menasehatin kita kalau tidak boleh sembarangan geber2 motornya.
  • Perawatan knalpot racing setiap 1-2 bulan harus ganti glaswool agar suara knalpot racingnya tidak terlalu berisik alias agar suaranya tetep selalau adem dan enak.
  • Jika suaranya pengen agak adem lagi maka bisa membeli db killer universtal untuk knalpot racingnya

Kelebihan Menggunakan Knalpot Standard

  • Suara knalpot lebih adem , bikin nyaman riding karena tidak berisik di kuping, mau di pake touring dan harian lebih nyaman dan tidak jadi pusat perhatian wkwk beda kalau pake knalpot racing pasti jadi pusat perhatian di jalan.
  • Bisa ngobrol santuy dengan boncenger tanpa harus berteriak teriak sampe berbusa wkkwkw  , atau pas riding sama teman ngobrol pun tidak harus teriak2 suara kita masih tetep kedengaran.
  • Knalpot anti tilang karena knalpotnya suaranya masih dbawah 80 db sesuai dengan undang undang
  • Tidak perlu harus gonta ganti glaswool untuk mendapatkan suara yang adem

Kekurangan Menggunakan Knalpot Standard

  • Perawatan yang kurang maksimal pada knalpot ori , misalnya motor sering digunakan buat ujan ujanan dan kena lumpur terus jarang di bersihkan maka penggunaan jangka panjanng bisa berkarat dan keropos. Jadi usahakan tetep jaga kebersihan knalpotmu
  • Ngomongin soal tenaga jika dibandingkan dengan knalpot racing jelas saat menggunakan knalpot standard (ori ) tenaganya kerasa lebih nahan ,tidak maksimal , tapi jika pake knalpot racing kerasa banget di power langsung keluar maksimal, tarikan jadi lebih enteng , akselerasi lebih cepat dan lain sebagainya.
  • Suara knalpot standard kurang kedengaran saat digunakan buat menyalip ,akibatnya kadang pengendara diudepan kita suka terobos tanpa melihat pengendara yang di belakanngnya.

Apakah memakai knalpot racing bisa merusak mesin?

Soal merusak mesin atau enggak sebenarnya tergantung orangnya sih , kalau misalnya yang punya motor tersebut dalam perawatanya memperhatikan penggantian oli secara berkala saya jamin aman jaya tidak merusak mesin dan menjaga rpm motor , jangan di gas sampe limit secara terus menerus , gas boleh full tapi ingat batas rpmnya sampai berapa , jika di speedometer batas maksimal 10.500 rpm maka saat menyentuh angka tersebut mas bro bisa tambahkan gigi atau jika sudah mentok bisa di turunkan gasnya.

Pengalaman pribadiku sih selama pake knalpot racing yang sudah 3 tahunan lebih mesin motorku tetep aman2 aja tidak ada kendala apapun, kalau misalnya penggunaan knalpot racing merusak mesin motor kenapa saat balapan malah mereka pake knalpot racing…? hayoo jawab..? kalau balap jelas mereka pake knalpot racing agar performa motor lebih maksimal sehingga akselerasi motor lebih cepat naiknya,sedangkan untuk keawetannya kalau balap hanya sekali pake wkwk :v

Tapi kalau boleh jujur sih awet2 aja , gak ada masalah,yg penting tadi ya jangan telat ganti oli sama jaga rpm motor jangan sampe limitt.

Mas bro bisa tanya siapa aja , mekanik yamaha, honda, suzuki atau kawasaki , atau bisa tanya mekanik di team balap jawaban mereka knalpot racing pasti tidak merusak mesin , tapi justru membuat mesin motor menjadi lebih bertenaga , akselerasi lebih cepat naiknya dan tenaga motor lebih maksimal.

Apakah knalpot racing berpengaruh terhadap kecepatan?

Knalpot Racing Rob1 MX King 150

Btw kemaren saya pasang knalpot rob1 di motor yamaha mx king  ,setelah pemasangan emang berasa banget tarikannya, akselerasi lebih cepat naiknya dan tenaganya keluar di rpm bawah , tengah sampai atasnya. (kerasa banget bedanya jika di bandingkan pake knalpot standard)

Menurutku sendiri knalpot racing yang di jual di indonesia ini ada beberapa kategori , ada knalpot racing yang lebih mementingkan suara, ada knalpot racing yang lebih mementikan performa , Nah untuk yang lebih ke suara mas bro bisa pilih knalpot tridente 3 suara kenapa..? karena knalpot tersebut suara knalpotnya bisa di setel2 suaranya , bisa mode standard (suaranya menyerupai knalpot standard , tidak berisik) ,mode street (biasanya digunakan untuk touring) dan mode racing (digunakan untuk balap,buat geber2 dll) dan knalpot tridente ini sangat cocok digunakan buat harian. Soalnya saya juga pake buat harian wkkw

Knalpot Tridente yamaha mx king 150

Sedangkan untuk merek knalpot racing yang lebih ke peforma mas bro bisa pilih merek CLD , Daytona,WRX, Creampie , ROB1 dan beberapa yang nanti saya tambahkan lagi kalau ada info baru kwkwkw. sementara itu aja sih yang saya tahu untuk merek2 knalpot racing yang lebih mementingkan performa

Jika mesin standard kemudian menggunakan knalpot racing misal rob1 apakah menambah performa ..? jawaban saya JELAS karena saya sudah buktikan sendiri di motor yamaha mx kingku tak pasang knalpot ROB1 dengan silincer pendek dan saat di gas tarikannya menjadi lebih enteng, akselerasi cepat naik , di putaran setiap rpm kerasa banget tenaganya keluar, pokoknya gak nyesel deh.

Tapi jika mas bro ingin mendapatkan tenaga yang lebih ngejambak sedikit maka motor perlu sedikit di oprek misalnya porting polish, ganti ecu racing , ganti noken as ,dll dengan begitu tenaga yang di hasilkan pada motor akan jauh lebih baik lagi dibandingkan dengan menggunakan mesin standard pabrik tapi knalpot racing.

Apakah knalpot racing membuat bensin boros?

Well bensin boros apa enggak itu kalau mas bro udah gonta ganti knalpot racing ke standard mas bro bisa merasakan sendiri konsumsi bbm pada motornya dan hal tersebut sudah pernah saya alami. Jawabannya adalah emang sedikit agak boros tapi gak seboros kalau motor di bore up wkwkkw

Gimana cara mengenali jika pasang knalpot racing tambah boros…? jawabannya ketika mas bro pasang knalpot racing pasti mengalami yg namanya Knalpot mengeluarkan suara nembak2 , brebet di rpm bawah , dll nah itu di karenakan konsumsi bbm yang masuk ke ruang bakar kurang. Untuk motor injeksi yamaha itu bisa di atasi dengan mesetting co pada motor , tapi kalau misalnya gak bisa di setting co pada motornya mau gak mau ya harus ganti ecu racing , suara brebet pada knalpot auto langsung ilang.

Penggunaan knalpot racing buat harian emang yang di rasakan seakan bbm cepat habis itu emang betul wkwk karena kita geber2 terus saking senengnya mainan gas saat berkendara di jalan sedangkan saat pake knalpot standard jarang banget kita geber2 gasnya kwkwk . Kadang juga kalau pake knalpot racing kita sering sentek2 motornya biar ala2 motor balap, tapi kalau pake knalpot standard jarang banget kita sentek2 karena emang kurang greget wkkwkw.

Penyebab knalpot racing bisa bensin boros karena kanlpot racing itu struktur komponen di dalamnya free flow jadi tenaga yang dibutuhkan motor lebih besar saat menggunakan knalpot racing dari pada alat pembuangan sisa gas buang saat menggunakan knalpot standard. Jadi kesimpulannya adalah kalau ingin power nambah ,tenaga nambah , akselerasi nambah salah satu yang bisa di lakukan adalah mengganti knalpot standardnya dengan menggunakan knalpot racing tapi kekurangannya salah satunya bbm jadi agak sedikit boros.

Mesin menjadi lebih cepat panas

Penggunaan knalpot racing biasanya memang membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas ,hal ini disebabkan karena pengendara yang menggunakan knalpot racing biasanya sering geber  gas motornya sampai high rpm supaya menghasilkan suara yang bising dan membuat rasa puas saat mengendarai motor tersebut. Hal ini wajar sih soalnya saya sendiri juga sering melakukan hal tersebut wkkwkw , sering geber2 motor tapi tidak sampai limit yaa .

Biasanya kalau pake knalpot standard kita jarang mainan gas sehingga suhu motor akan tetap terjaga tidak mudah panas,tapi saat menggunakan knalpot racing suhu mesin menjadi naik karena kita sering mainan gas motor wkkwkw. Jadi jangan kaget yaa kalau pake knalpot racing mesin motor akan menjadi lebih cepat panas saat di kendarai. Oiya kalau pake gasnya normal tidak digeber2 suhu mesin masih tetep terjaga kok sama kayak knalpot orinya.

Kesimpulan

OK kita bahas kesimpulannya menurut saya pribadi penggunaan knalpot racing buat harian sebenarnya kurang begitu cocok , selain bakalan kena tilang suara yang berisik juga kadang mengganggu pengendara yang lain juga. Tapi ya gimana ya terkadang kalau pake knalpot standard ori itu kurang greget wkwk tidak ada rasa Gerrr nya wkkwkw. Selama pake knalpot racing sih yang penting lihat kondisi lingkungan aja , kalau misalnya mas bro tinggal di tempat perumahan mau gak mau ya motornya harus di dorong dulu sekitarnya udah jauh baru di hidupkan motornya , begitu juga saat pulang malam kwkwkw walaupun agak repot tapi ya gimana lagi , atau bisa diakali dengan memasang db killer.

Untuk permasalahan mesin jika memasang knalpot racing menurut saya aman aman aja yg penting jangan telat ganti oli aja , kunci penting ya itu aja sih jangna telat ganti oli , oiya satu lagi jangan suka geber2 sampai batas limit biar mesin awet. OK mungkin segitu aja sharing2 kali ini semoga bermanfaat ya teman2ku , salam gas dor det det det

Baca Juga :

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP