Apa itu Knalpot Full System dan Slip On

Posted on

Hallo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id , nah kali ini mimin mau bahas mengenai istilah atau perbedaan knalpot full system dan slip on yang mungkin sudah tidak asing lagi dalam dunia perknalpot an iya to…? mungkin sebagian ada yang masih bingung lho itu knalpot slip on kok harganya lebih murah dibanding full system , emang beda knalpot slip on full system itu apa sebenarnya…? pasti pernah ngalami begitu kan waktu mau beli knalpot racing …? so untuk itu kuy lah penjelasan mimin mengenai perbedaan knalpot slip on dan full system.

Komponen sepeda motor yang satu ini mungkin paling banyak di lakukan untuk memodifikasi motornya alasanya tentunya biar suaranya gak culun :v , ada yang mengganti knalpot racing karena bisa meningkatkan performan motor atau biar terlihat lebih keren , atau beragam alasannya lainnya yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya yaitu 5 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Knalpot Racing

Komponen knalpot umumnya terdiri dari 3 bagian antara lain

  1. Header /Leheran
  2. Middle Pipe
  3. Muffler

Header /Leheran Knalpot adalah bagian pipa yang menempel pada bagian mesin yang berfungsi sebagai perantara sisa gas pembuangan dari hasil pembakaran mesin motor.

Midle Pipe adalah pipa bagian tengah yang biasanya berfungsi sebagai penyambung antara header, dan silincer /mufflernya

Muffler adalah bagian yang akan memberikan suara khas dan beragam ada yang suara ngebas, keras, gahar , pokoknya mantul :v

Untuk Knalpot racing yang beredar di pasaran indonesia itu ada 2 jenis type yang di jual yaitu ada yang slip on dan full system , lalu apa perbedaannya …?

1. Knalpot Slip On

Knalpot racing Slip on adalah Knalpot yang terdiri dari muffler (silincer)aja dan juga sambungan dari silincer ke header /leheran bawaan pabrik . Jadi jika mas bro membeli knalpot racing jenis slip on maka hanya mendapatkan knalpotnya saja belum dengan header/leherannnya . Untuk leheran/headernya bisa menggunakan bawaan motor (leheran standard pabrik)

Sayangnya hanya ada beberapa motor saja yang bisa dipasang knalpot model slip on ini contohnya kayak motor ninja 250 r 2018 , yamaha r25 , MT 25 , ktm duke dan lain sebagainya. Untuk motor motor lainya gak perlau khawatir karena orang bengkel knalpot sebenarnya bisa memodifikasinya untuk sambungan dari leheran bawaan pabrik ke muffler model slip on .

Oiya untuk motor 150 cc yang mimin ketahui kayaknya belum ada merek after market yang menyediakan model slip pon karena untuk knalpot yang model slip on jika menggunakan leheran pabrikan biasanya kurang maksimal tenaga /performa yang di hasilkan.

Bagaimana pengaruh knalpot slip on dengan full system…? ya kalau menurut mimin sih di sarankan untuk membeli full system karena setiap header/leheran knalpot biasanya sudah di riset sama pembuat knalpot racing tersebut baik dari segi performa untuk motor , suara dll .

Bahkan saat ini ada beberapa pabrikan seperti suzuki yang membuat aksesoris part racing resmi dengan menggunakan knalpot racing SARP dan ECU SARP bisa menaikan performa2 motor suzuki menjadi lebih kencang dan naik hingga 2hp lebih .

Oiya satu lagi untuk knalpot slip on ini umumnya harganya lebih murah dibandingkan kita membeli knalapot racing yang full system , ya iya lah wkwk :v

Berikut ini contoh knalpot slip on, dimana hanya terdiri dari silincer only , klaim dudukan knalpot , shifter buat penyetel 3 suara dan per 2 buah buat penyambung antara header ke mufflernya.

Oiya buat mas bro yang berminat knalpot Tridente 3 suara bisa cek harganya dibawah ini

– Daftar Harga Knalpot Tridente F19 Terbaru

Model Knalpot Harga
Tridente F19 Untuk Sport /Matic 150 cc (Black dan Silver) Full System Rp. 1.900.000
Tridente F19 Sport /Matic 250 cc 1 silinder Full System Rp. 2.300.000
Tridente F19 Sport 250 cc 2 cylinder Full System Rp. 2.900.000
Carbon
Tridente F19 Untuk Sport /Matic 150 cc Carbon Full System Rp. 2.700.000
Tridente F19 Sport /Matic 250 cc 1 silinder Carbon Full System Rp. 3.100.000
Tridente F19 Sport 250 cc 2 silinder Carbon Full System Rp. 3.700.000
Silincer Only + Shifter+ Braket
Tridente F19 Untuk Sport /Matic 150 cc (Black dan Silver) Rp. 1.600.000
Tridente F19 Untuk Sport /Matic 250 cc (Black dan Silver) Rp. 1.900.000
Silincer Only + Shifter+ Braket CARBON
Tridente F19 Untuk Sport /Matic 150 cc Carbon Rp. 2.300.000
Tridente F19 Sport 250 cc Carbon Rp.2.600.000

Suara Knalpot Tridente F19 Terbaru

Harga Knalpot Tridente Slip On 250 cc

Untuk harga slip sementara hanya tersedia untuk

  • Kawasaki Ninja 250 FI 2018
  • Kawasaki Ninja 250 Karbu

Sedangkan untuk motor 150 cc belum ada slip on ya bro , adanya cuman silincer only , untuk kelengkapanya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Shifter buat menyetel 3 suara
  2. Klaim dudukan knalpot
  3. Stiker 3tech
  4. Per sambungan knalpot

2. Knalpot Full System

Knalpot Full system adalah knalpot yang lengkap maksudnya saat mas bro membeli knalpot type full system maka akan mendapatkan semua bagian knalpotnya mulai dari header, leheran, dan muffler . Oiya untuk knalpot full system biasanya hagarnya lebih mahal emang dibandingkan dengan knalpot type jenis slip on .

Untuk Knalpot yang sudah bisa full system khususnya untuk knalpot tridente hampir semuanya sudah bisa , berikut ini daftar motor yang bisa dipasang knalpot tridente 3 suara

Motor Yang Bisa Dipasang Knalpot Tridente

– Sport Fairing 150 cc

  1. Honda New CBR 150R K45G Facelift
  2. Honda CBR 150R K45A Lokal
  3. Honda CBR 150R Gen 2 Thailand
  4. Honda CBR 150 Gen Pertama Thailand
  5. Yamaha All New R15 155 V3
  6. Yamaha R15 V2
  7. Suzuki GSX R 150

– Sport Naked 150 cc

  1. Honda New CB 150R
  2. Honda Old CB 150R Street Fire
  3. Honda Verza 150
  4. Honda New Megapro Injeksi
  5. Honda Megapro Primus
  6. Honda Tiger Revo
  7. Yamaha New Vixion R 155
  8. Yamaha New Vixion Lightning
  9. Yamaha New Vixion Advance
  10. Yamaha Old Vixion
  11. Yamaha Xabre 150
  12. Yamaha New MT 15
  13. Yamaha Scorpio Z
  14. Yamaha Byson FI
  15. Suzuki GSX-S 150
  16. Suzuki GSX Bandit
  17. Kawasaki W175
  18. Kawasaki KSR
  19. Kawasaki Z125

– Ayago 150 cc

  1. Suzuki Satria FU Karbu
  2. Suzuki Satria FU Fi Injeksi
  3. Honda Sonic 150 Fi
  4. Yamaha MX King 150
  5. Honda Supra GTR 150

– Motor Bebek

  1. Honda Supra X 125 lama
  2. Honda Blade 125
  3. Honda Supra X 125 New
  4. Honda Supra Fit
  5. Honda Revo Absolute 110
  6. Yamaha Jupiter Z1
  7. Yamaha Jupiter Z Karbu
  8. Yamaha Vega R
  9. Yamaha Jupiter MX 135 Old
  10. Yamaha Jupiter MX 135 New
  11. Kawasaki Athlete

– Motor Matic

  1. Yamaha NMAX 155
  2. Yamaha Aerox 155
  3. Yamaha X-Ride 115
  4. Yamaha XMAX 250
  5. Yamaha Xeon RC
  6. Yamaha Mio Sporty
  7. Yamaha Lexi 125
  8. Honda PCX 150
  9. Honda Vario 150
  10. Honda Vario 125
  11. Honda Scoopy
  12. Honda Beat FI
  13. Honda Beat Street
  14. All New Honda Vario 150 2018
  15. Suzuki Skywave 125

– Sport Fairing dan Naked 250 cc

  1. Kawasaki Ninja 250 FI
  2. Kawasaki Ninja 250 Karburator
  3. Kawasaki Ninja 250RR Mono 1 Silinder
  4. Kawasaki All New Ninja 250 2018
  5. Kawasaki Ninja Z250
  6. Honda All New CBR 250 RR 2 silinder
  7. Yamaha R25
  8. Yamaha MT25

– Motor Trail

  1. Kawasaki KLX 150 BF
  2. Kawasaki KLX 250
  3. Kawasaki Dtracker 150
  4. Kawasaki Dtracker 250
  5. Honda CRF 150 L

– Moge

  1. Kawasaki ER6
  2. Honda Rebel 500

– Motor KTM

  1. Ktm 200
  2. Ktm 200RC
  3. Ktm 250
  4. Ktm 250 RC
  5. Ktm 390

Knalpot dengan jenis full system ini biasanya lebih baik dalam hal peningkatan performa dibandingkan dengan slip on karena setiap pembuatan lekukan leheran knalpot ada perhitungannya jadi gak asal buat atau hanya sekedar suaranya aja.

Selain itu knalpot racing ini lebih free flow dibandingkan knalpot standard bawaan pabrik sehingga gas buang tidak nahan alias langsung keluar tanpa hambatan yang mengakibatkan motor menjadi lebih cepat naik di setiap putaran rpmnya.

Gravatar Image
Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *