sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Cara Ganti Glasswool Knalpot Racing Yang Bagus dan Awet

4 min read

Halo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id kali ini mimin mau sharing mengenai glasswool atau istilah lain orang juga menyebutkan dengan “gaspul” fungsi glasswool pada knalpot racing adalah sebagai peredam suara pada knalpot agar suara adem, enak dan tidak berisik, jika glasswool sudah habis atau sudah mulai tipis maka di tandai dengan suara knalpot yang sudah cempreng,suara knalpot mulai keras, suara knalpot bising , suara knalpot pecah tidak empuk lagi , suara knalpot tidak ngebas, dan tidak enak di dengarkan. Maka hal tersebut sudah seharusnya untuk diganti glaswool pada knalpot racing yang di miliki  . di ingat ingat ya kalau punya knalpot racing wajib hukumnya mengganti glasswool , nah kapan harus kita ganti glasswoolnya..? simak terus ulasannya dibawah ini.

Dengan melakukan penggantian glasswool pada knalpot racing maka dijamin suara knalpot menjadi lebih padet ,ngebass lagi. bulet pokoknya enak lagi di dengar.

Untuk teman2 knalpot lovers perlunya kita mengganti glasswool pada knalpot racing yang kita miliki ,hampir semua knalpot racing pasti menggunakan glasswool ,berbeda dengan knalpot standard ori pabrik /knalpot ori tanpa menggunakan glasswool untuk meredam suaranya mereka punya sistem sendiri yang disebut dengan Automotive catalytic coverter.

Seiring berjalannya penggunaan knalpot racing maka lapisan glasswool yang di sematkan di dalam silincernya akan menipis yang disebabkan karena panas yang di hasilkan oleh gas buang dari mesin motor. Lali pemilihan glasswool anti bakar atau glasswool knalpot yang bagus itu yang seperti apa…?

Tipe Glasswool

Nah sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengganti glasswool pada knalpot racing perlu kita ketahui bahwa tipe glasswool yang di jual dipasaran itu ada 2 dan mereka memiliki kualitas yang berbeda macam diantaranya yaitu

1. Glasswool Warna Putih

Glasswool yang warna putih kelebihannya yaitu memiliki daya tahan pakai yang lebih lama dan juga glasswool warna putih ini lebih tahan panas artinya glasswool ini jika di bakar dengan api maka tidak langsung terbakar , coba aja kalau gak percaya buktikan sendiri . berikut ini adalah contoh percobaan pembakaran glasswool warna putih.

Selain itu kelebihan Glasswool warna putih yaitu tekturnya tidak gampang brodol (ambyar koyok atiku :3) hahaha. jika glasswool sudah terbakar maka glasswool tersebut tidak mudah hancur . Oiya untuk harganya sendiri glasswool warna putih biayan lebih mahal , dibanderol sekitar 50.000 keatas untuk merek2 seperti glasswool R9, Glasswool cld , glasswool 3tech ,dll Bisa bertahan hingga 4-5 bulanan

2. Glasswool Warna Kuning

Glasswool warna kuning punya kelebihan yaitu harganya lebih murah dah cuman itu aja kelebihannya kwkw selain itu glasswool kuning ini biasanya banyak di pakai di knalpot racing 2 tak , dipasang di knalpot racing 4 tak juga cukup bagus , ngebas, bulet, cuman satu kekurangnya gampang abis karena glasswool warna kuning ini tidak awet alias tidak tahan panas.

Kekurangan lain selain glaswool tidak awet dan glasswool  gampang gosong yaitu Glaswool warna kuning ini lebih Gampang brodol BUKTIKAN aja kalau gak pecaya wkwk bekas penggunaan glasswol di dalam silincer knalpot racing saat di lepas pasti mudah hancur/brodol, beda banget sama glaswool putih. Bisa bertahan hingga 1-2 bulan

3. Glasswool Besi /Steewool

Glasswool tipe ini masih jarang digunakan sama pabrikan knalpot2 racing di indonesia tapi bisa jadi alternatif pilihan untuk penggantian glasswool knalpot racing motormu, Kelebihannya yaitu Bahan terbuat dari material serat/kawat besi /stainless steel sehingga tidak mudah terbakar dan lebih awet dibandingkan glasswool kuning atau glasswool putih. Untuk kekurangnnya sendiri glasswool jenis ini harganya lumayan cukup mahal dipasaran di banderol sekitar 68.000 an selain itu kekurangnnya juga glaswol ini memiliki resiko bikin karatt di bagian ruang dalam silincer knalpot. Bisa digunakan lebih dari 1 tahun lebih

Kapan Harus ganti Glasswool Knalpot Racing

Untuk penggantian glasswool pada knalpot racing sebenarnya di tentukan dengan pemakaian motor itu sendiri , jika motor sering digeber dan sering digunakan otomatis daya tahan glasswool berkurang , hal ini disebabkan karena bagian dalam silincernya dia menahan gas buang, gas buang ini menghasilkan suhu yang lumayan cukup panas dari pembakaran mesin motor. Nah umumnya untuk ganti glasswol itu berdasarkan pemakaian dan juga jenis glasswool yang digunakan . Untuk motor 4 tak biasanya menggunakan glasswool putih , sedangkan motor 2 tak umumya menggunakan glasswol kuning.

  • Glasswool Warna putih bisa bertahan di knalpot racing untuk penggunaan harian bisa sampai 4-5 bulanan .
  • Gasswool warna kuning bisa bertahan hingga 1-2 bulanan
  • Glasswool jenis serat kawat lebih awet ,lebih 1.5 tahunan bisa .

Penggantian glasswool diatas hanya patokan aja ya , jadi yang harus jadi pertimbangan faktor kapan harus ganti glasswool knalpot racing adalah berdasarkan pemakaian dan juga ciri2 suara knalpotnya. Jika mas bro sudah mengalami perbedaan suara knalpot racing yang digunakan bisa jadi glaswoolnya sudah menipis dan juga habis. Suaranya knalpot dengan glaswool habis biasanya suaranya menjadi lebih keras , cempreng, tidak ngebas lagi . Nah jika mas bro mengalami hal tersebut maka sudah harus ganti glasswool yang baru akan menghasilkan suara yang lebih padet, ngebas, bulet, enak di dengar.

Harga Glasswool Knalpot Yang Bagus

Untuk harga glasswool yang bagus biasanya dibanderol lumayan cukup mahal kisaran 50.000 tapi tergantung merek yaa , dibawah ini saya cantumkan beberapa merek yang cukup bagus untuk pemilihan glasswool . Harga glasswool peredam suara di bawah ini juga bisa jadi referensi mas bro .

1. Glasswool WRX

Harga glaswool wrx dengan ukuran 30x 30 dibanderol sekitar 40.000 ribuan , untuk pembelian mas bro bisa kunjungi bukalapak/tokopedia/shopee

2. Glasswool R9

Harga glasswool R9 generation dengan ukuran 30x 25 dibanderol sekitar 33.000 ribuan

3. Glasswool 3tech

Harga glasswool 3tech dibanderol dengan harga sekitar 70.000 an ,untuk ukuran 28 cm x 15 cm dengan kualitas premium , lebih awet , untuk pembelian bisa hubungi kontak agent resmi 3tech WA +62 857-2841-7517 (gondes 3tech) atau bisa juga lewat lapak dibawah ini

4. Glasswool CLD Racing

Harga glasswool cld dibanderol sekitar 30.000 an ,tersedia 2 varian yaitu buat yang knalpot racing standard harian sama knalpot racing khusus buat kompetisi balap.

5. Glasswool Ride It

Harga Glasswool Ride it ini dibanderol sekitar 35.000 an dengan keunggulan yaitu bisa meredam suara knalpot , buat buat performa knalpot, bisa menahan panas hingga 700cc , lebih awet dan tahan lama dan cocok digunakan buat harian.

Biaya Ganti Glasswool di Bengkel Knalpot

Oiya Buat yang gak mau ribet harus ganti glasswool sendiri di rumah maka bisa juga langsung ke bengkel knalpot , cukup beli glaswool online via bukalapak/tokopedia/shopee pilih sesuai kebutuhan dan kemampuanmu. Selanjutnya tinggal pergi aja ke bengkel knalpot , untuk biaya ganti glasswool biasanya cukup murah berkisar antara 15.000 sampai 25.000 an tergantung kesulitan knalpotnya.

Cara Mengganti Glasswool Knalpot Racing Sendiri

OK pembahasan mengenai glasswool sudah beres semuanya , terus selanjutnya dibawah ini mimin mau sharing mengenai cara mengganti glasswool pada knalpot racing yang kita miliki , untuk perawatalan/bahan yang dibutuhkan apa aja kuy

1. Peralatan dan Bahan

Berikut ini ada beberapa paralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk mengganti glasswool knalpot racing sendiri.

  • Bor Tangan dan juga mata bornya (ukuran 4 mm)
  • Paku rivet (untuk ukurannya disesuaikan aja ) biasanya menggunakan ukuran 4.8mm x 12mm
  • Palu Karet dan Besi
  • Obeng
  • Tang Rivet

2. Cara Mengganti Glasswool Knalpot Racing Sendiri

1. Bor bagian paku rivet

Mas bisa melakukan pengeboran pada bagian paku rivet yang ada di bagian end cup silincer ,pengeboran biasanya menggunakan mata bor ukuran 3-4mm . Bor terus sampai bagian dalam paku rivet tembus ke dalam.

2. Lepaskan tutup end cup silincernya

Untuk melepasnya dengan cara pukul dikit demi sedikit menggunakan palu karet. Di bagian ini yang agak susah2 gampang ,jika sudah agak keluar maka bisa di cabut menggunakan tang , Nah nanti bakalan terlihat isi dalamnya knalpotmu , seperti saringan knalpot yang di balut dengan glasswool.

3. Ganti Glasswool yang ada di saringan knalpot

Selanjutnya mas bro bisa mengganti glasswool yang sudah habis dengan menggunakan glasswool putih yang baru , yang nantinya di harapkan suaranya menjadi lebih empuk, bulet, adem, ngebas pokoknya jadi enak di dengarkan.

4. Pasang lagi paku rivetnya

Selanjutnya jika bagian saringan udah pernah di isi dengan glasswool warna putih selanjutnya yaitu pasang kembali bagian end cup silincernya dan pasang lagi paku rivetnya menggunakan ukuran 4.8 mm x 12 mm .( ukuran paku rivet yang sering digunakan pada knalpot racing)

5. Selesai

Terakhir, mas bro bisa langsung hidupkan motornya maka suaranya dijamin lebih ngebas lagi dan enak di dengarkan di bandingkan sebelumnya . Semoga Bermanfaat

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP