sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Perawatan Knalpot Tridente Biar Awet dan Tahan Lama

3 min read

Perawatan Knalpot Tridente

Halo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id nah kali ini mimin mau sharing sebagai pengguna knalpot tridente kurang lebih sekitar 2-3 tahunan (udah lama banget yak wkwk sampe saat ini pun masih pake ) . Jadi saya pribadi sebagai pengguna knalpot tridente 3 tahunan mau sharing mengenai cara perawatan knalpot tridente biar awet dan tahan lama gimana , so di artikel kali ini mimin mau sharing sekaligus review singkat mengenai knalpot tridente 3 suara yang sangat cocok sekali digunakan buat harian, yang belum cobain buruan cobain gak rugi kok .

Untuk perawatan knalpot sebenarnya ada beberapa bagian atau komponen knalpot yang perlu di perhatikan , umumnya knalpot racing itu ada ada komponen namanya pipa header (leheran ) dan silincernya. Sedangkan di knalpot tridente 3 suara ini ada 3 komponen yang perlu di perhatikan diantara lain yaitu :

  1. Pipa header ( leheran )
  2. Silincer 3 suara
  3. Sistem 3 Katup 3 suaranya

Sebenarnya sama halnya merawat knalpot racing pada umumnya hanya saja untuk knalpot tridente 3 suara ini memiliki sistem 3 suara yang harus di perhatikan agar pemakaian awet dan tahan lama. Nah langsung saja yuk beberapa komponen yang perlu di perhatikan untuk di rawat agar knalpot tridentemu awet dan tahan lama.

1. Merawat Pipa Header (Leheran)

Hampir sama dengan knalpot racing pada umumnya seperti wrx, creampie, r9 dan merek2 lainnya kalau leheran /pipa header knalpot racing umumnya itu jika digunakann terus menerus maka akan menyebabkan warna leheran menjadi menguning (bukan berkarat ya) . Untuk bahan yang menggunakan stainless steel 304 japan pasti saat setelah digunakan menjadi menguning. Warna leheran (pipa header ) yang tadinya warna silverblash atau silver setelah pemakaian menjadi kuning penyebabnya di karenakan panasnya gas buang yang tersalurkan dari lubang manipold ke leheran , panas yang di hasilkan mesin ini langsung di teruskan ke knalpot , dengan menggunakan bahan stainless steel maka panas tersalurkan dengan baik sehingga dengan menggunakan knalpot racing selain meningkatkan performa juga bagus untuk penyerapan suhu mesin motor.

Berikut ini contoh penampakan leheran menguning setelah pemakaian kurang lebih 5-6 bulanan .

 

mas bro bisa liat gambar diatas bagian leheran setealah terpasang masih terlihat warna silverblash ,dan setelah pemakaian warnanya berubah menjadi menguning ,warna menguning tersebut bukanlah karatan karna bahan yang digunakan adalah bahan stainless steel , jadi wajar sih leheran knalpot racing menguning begitu, Nah jika ingin menjadi seperti baru lagi  yaitu putih silver mengkilapp maka bisa di lakukan poles seperti yang saya lakukan dibawah ini .

Cara agar menjadi putih silver kembali

Untuk cara mengkilapkan lagi leheran knalpot racing yang menguning caranya cukup mudah yaitu mas bro harus membeli kain lepis atau bekas celana lepis selanjutnya membeli autosol

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Autosol
  • Kain bersih

Bikin leheran knalpot tidak menguning lagi

Setelah alat dan bahan sudah di siapkan selanjutnya yaitu tinggal mencuci leherannya dulu agar bersih dari bekas lumpur dan kotoran lainnnya. Selanjutnya tinggal mas bro oleskan autosol di bagian leheran , lalu bersihkan dengan kain bekas celana lefis atau kain lainnnya , lakukan secara terus menerus sampe warna berubah menjadi seperti baru lagi , penampakannya seperti gambar dibawah ini :

Membersihkan leheran knalpot menguning

Jika mas bro belum paham caranrya , maka bisa tonton video tutorialnya dibawah ini mengenai cara bikin leheran knalpot racing tidak menguning lagi.

Tutorial Cara agar menjadi putih silver kembali

Selama proses poles lakukan secara terus menerus sampe bener2 leheran menjadi silver mengkilap lagi , nah setelah digunakan apakah akan menguning kembali…? jawabannya masih tetep menguning tapi menguningnya bersih ,jadi kalau menguning lagi ya di poles kembali dengan menggunakan autosol dan kain lap.

2. Merawat Silincer Knalpot Tridente

Untuk perawatan silincernya sama dengan point yang pertama tadi , untuk pembeli knalpot tridente warna silver blash jika menguning maka bisa di lakukan poles menggunakan autsol , tapi jika pembelian silincer warna hitam dan carbon maka cukup di bersihkan menggunakan air saja , jangan di kasih autosol karena catnya nanti bakalan ilang .

3. Merawat Sistem 3 Suara Knalpot Tridente

Untuk perawatan knalpot tridente yang paling penting adalah bagian sistem 3 suaranya. Coba mas bro perhatikan pada gambar dibawah ini :

ada 2 komponen yang perlu di bersihkan ketika terkena kotoran (lumpur) , karatan atau bekas gas buangnya, yang pertama yaitu pada bagian baut katupnya , kemudian ada bagian pernya

Bersihkan Karat di bagian baut katup

Kekurangan Knalpot 3tech

Biasanya pada bagian baut nappelnya sering terjadi karatan ,nah cara mengatasinya yaitu cukup di amplas halus menggunakan ukuran 400 lalu di gosok2 pada bagian yang berkarat yang disebabkan dari air hujan , setelah itu bersihkan atau semprotkan cairan anti karat seperti WD40 atau Rexco 70 biar jadi kinclong lagi .

Bersihkan Bekas Gas Buang di bagian per katup 

Yang tak kalah penting juga pada bagian per katup sistem 3 suaranya perlu di bersihkan agar bisa balik lagi kadang macet di karenakan pada bagian pernya terdapat kotoran dari gas buang dan lumpur sehingga saat balik ke mode standard agak susah.Mas bro bisa bersihkan pada bagian per katupnya menggunakan cairan WD40 atau Rexco 70 biar saat perpindahan suara dari mode standard ke mode racing lancar tidak seret.

4. Penggantian Glaswool

Bang knalpot tridente 3 suara itu ada glasswoolnya gak ..? hampir sama dengan knalpot racing pada umumnya knalpot tridente 3 suara juga memiliki peredam atau yang dinamakan dengan glasswol, untuk penggantian glasswol sendiri tergantung dari pemakaian knalpotnya , Biasanya kalau saya pribadi penggantian glasswol di lakukan 6 bulan sekali atau cara mengetahuinya jika suara sudah berubah bacottt banget keras tidak ada ngebasnya maka sudah waktunya di ganti .

Untuk penggantian glaswolnya sendiri bisa di lakukan sendiri , di bengkel knalpot atau knalpotnya di krim ke pabrik 3tech racing , untuk yang pengen krim knalpotnya ke pabrik bisa baca tulisanya dibawah ini

Jika di lakukan sendiri bisa juga , alat dan bahan yang di perlukan antara lain :

  1. Tang Rivet
  2. Paku rivet ukuran 4.8mm x 12
  3. Lem Sealer
  4. Glaswool (warna putih yang bagus) bisa pake merek cld , ride it, R9 , 3tech bisa semuanya
  5. Gerinda/Bor buat lepas paku rivet
  6. Kopi kwkwkwk

1.  Lepas paku rivet menggunakan Bor/Gerinda

2. Dorong Keluar Sistem 3 Suaranya

3. Ganti Glaswool baru

cara ganti glaswool knalpot tridente 3

4. Pasang kembali seperti semula dan kasih lem sealer

Kesimpulan

Sebenernya perawatan knalpot tridente itu gak susah2 banget asalkan kita selalu perhatikan aja kalau ada karat bisa kita langsung bersihkan menggunakan amplas halus dan semprot WD40 maka langsung beres kwkwk sampe sekarang pun perawatan yang saya lakukan cuman itu aja sedangkan untuk penggantian glaswool baru 1x kemaren saya krim ke pabrik, soalnya pernah ganti glaswol sendiri suaranya jadi aneh , jadi sember jelek wkwkkw akhirnya tak krim ke pabrik aja terus suaranya jadi enak lagi ,ngebas dan mantab lah buat harian.

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP