sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Mengenal Knalpot Underbelly, Undertail Atau Samping

3 min read

Knalpot Tridente yamaha mx king 150

Haloo bro sekalian jumpa lagi sama mimin knalpotracing.co.id , nah kali ini mimin mau sharing mengenai knalpot underbelly, pembahasan kali ini lebih ke apa saja kelebihan dan kekurangan knalpot underbelly, Kemudian berapa  biaya bikin knalpot underbelly , dimana tempat beli knalpot underbelly..? dan buat motor apa saja yang bisa dipasang knalpot underbelly..? so yang penasaran langusng saja cek dibawah ini .

Seperti yang kita ketahui di era zaman digital saat ini dan juga teknologi motor udah semakin canggih motor memiliki bentuk knalpot dan posisi knalpot yang berbeda beda ,fungsi dari knalpot motor sendiri sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran mesin motor.

Penggunaan Knalpot racing pada motor adalah salah satu cara untuk memodifikasi motor akan tampilan menjadi lebih keren , kemudian mengurangi bobot pada motor, menambah kesan sporty,memiliki suara yang berbeda dengan motor standar dan power motor lebih maksimal jika menggunakan knalpot racing.

Baca Juga :

OK dalam penempatan knalpot pada motor juga memiliki penamaan sendiri lho cuy , misal ada knalpot samping , knalpot underbelly/knalpot kolong, dan knalpot undertail ..? nah penampakan masing2 seperti apa sih ..? skuy yang penasaran langsung saja baca terus artilnya sampai habis yak .

Knalpot Undertail / Knalpot dibawah Jok

Jenis knalpot seperti ini biasanya hanya terdapat pada motor2 moge ,dan model knalpot undertail mulai di perkenalkan pada motor ducati 916 di tahun 1990. Selain itu motor2 yang peletakan knalpotnya dibawah jok atau knalpot undertail diantaranya seperti motor yamaha R1, Ducati SuperBike ,cbr 600 , ducati 959 dll.
Secara desain memang knalpot yang model peletakannya dibawah jok lebih sangar di pandang ,seolah motor sisi bagian kanan dan kiri lebih resik (clean) karena keberadaaan knalpot jenis undertail ini berada dibawah jok motor /body belakang. dan pada bagian armnya juga lebih terlihat gagah

Knalpot Undertail Yamaha R1

Kelebihan :

  • Knalpot Lebih terlihat keren dan sangar
  • Memiliki ciri khas dan legend

Kekurangan :

  • Membutuhkan Pipa leheran yang panjang banget
  • Gas buang menjadi kurang ngeloss dan akselerasi kurang maksimal.

Beberapa pabrikan motor juga sudah mulai meninggalkan desain knalpot model undertail ini karena emang di rasa akselerasi kurang maksimal,tapi buat mas bro yang ngerti teori per knalpot an maka tidak masalah mau menggunakan knalpot model undertail jadi tampilan lebih bagus, unik dan keren tapi akselerasi tetep bagus asal tahu teori knalpot  ya jadi nanti waktu pembuatan leherannya harus di riset dulu biar akselerasi tetap bagus.

Knalpot Underbelly/ Knalpot Kolong

Knalpot model yang satu ini menurut saya yang lumayan paling keren kenapa…? karena knalpotnya berada di bagian bawah mesin atau peletakan knalpotnya persis dibawah mesin ,membuat tampilan motor menjadi terlihat simple, good looking ,dan juga lebih clean , bagian samping kanan hanya terlihat bagian swing arm dan mesinnya aja . Nah kalau motor yang menggunakan underbelly ini umumnya memiliki pipa leheran yang berukuran pendek tidak terlalu panjang seperti knalpot undertail jadi sudah dipastikan tarikan bawahnya ngeriii. Knalpot underbelly/knalpot kolong ini umumnya memiliki kelebihan yaitu meningkatkan torsi dan akselerasi . lebih utamanya di tarikan awalnya sampai tengah, sedangkan kekurangannya di putaran atas tenaga kurang begitu ngisi.

Kelebihan :

  • Knalpot terlihat lebih clean (good looking)
  • Memiliki Tenaga Bawahnya lebih kerasa
  • Membutuhkan pipa yang tidak panjang

Kekurangan :

  • Tenaga putaran atasnya kurang ngisi (melempem)
  • Knalpot underbelly kadang suka gasruk
  • Gas buang menjadi kurang ngeloss dan akselerasi kurang maksimal.

Menurut mimin sendiri knalpot model underbelly ini sangat cocok buat motor fairing yang mana bagian swing armnya memiliki bentuk dan model yang besar atau bisa juga menggunakan mono arm seperti pada motor ducati sehingga kesan pertama kali saat melihat motor tersebut terlihat lebih gahar , sangar,dan kekar karena kaki2nya terlihat jelas tanpa ada halangan,

Knalpot Samping/ Side Exhaust

Knalpot dengan peletakan di samping ini biasanya paling banyak terdapat pada merek motor seperti honda, yamaha, suzuki , kawasaki . Oiya knalpot yang menggunakan peletakan model samping ini paling banyak terdapat pada motor produksi  indonesia.  Untuk pipa leherannya itu dari lubang mesin manifold depan kemudian di bengkokin  ke bagian samping kanan sepeda motor. Contohnya ada banyak banget ,misalnya untuk yamaha ada mx king 150 , suzuki gsx r 150 ,honda cbr 150 r , kawasaki ninja 150 rr dan lain sebagainya.

Knalpot Tridente yamaha mx king 150

Kelebihan :

  • Memiliki tampilan lebih keren dibanding knalpot standard
  • Membutuhkan pipa yang tidak panjang dan tidak terlalu pendek
  • Power lebih ngisi dari tarikan bawah, tengah sampai atas.

Kekurangan :

  • Knalpot kadang suka ke injak sama boncenger
  • Knalpot Rawan Kotor karena langsung dekat dengan ban motor.

Model Knalpot Underbelly

Knalpot underbelly xabre

Knalpot underbelly r15

knalpot underbelly r15 pake cb 650 f

Knalpot underbelly r25

knalpot underbelly r25

Knalpot underbelly vixion

knalpot underbelly vixion

Biaya Bikin Knalpot Underbelly

Untuk biaya bikin knalpot underbelly sebenarnya tergantung bengkel knalpotnya dan juga tingkat kesulitan dalam pemasanganyan ke motornya. Contohnya saja kita mau pasang silincer knalpot R25 di motor yamaha vixion agar terlihat lebih pendek dan lebih keren di lihat selain itu jika kita menggunakan silincer knalpot r25 tentunya lebih aman kalau ada razia polisi di bandingkan knalpot racing.

Mau cerita aja kalau kemaren saya bikin leheran knalpot dengan bahan pipa biasa bukan stainless itu habisnya sekitar 170.000 di abenk knalpot jogja , biaya sudah termasuk pengelasan , lekukan , pengecatan dan pemasangan, Berikut ini penampaknnya

Knalpot R25 di New Vixion

Tempat beli knalpot underbelly

Untuk pembelian knalpot underbelly sebenarnya tengantung konsepnya sendiri , mau pake silincernya knalpot ori pabrik misalnya punya r25 , atau motor2 sport lainnya yang memiliki model bentuk silinacer pendek dan gepeng . Nah jika sudah memiliki knalpot ori pabrik yang model underbelly maka tinggal di custom aja ke bengkel knalpot. Atau jika ingin mas bro membeli merk after market bisa search di market place seperti tokopedia.com , bukalapak.com atau shopee.co.id

Kesimpulan :

Dari 3 model peletakan knalpot diatas yang mana yang paling kalian suka…? kalau mimin pribadi sih lebih suka model undertail karena kesannya lebih unik dan keren selain itu juga suka dengan model leheran samping khususnya buat leheran knalpot racing yang ngaceng (jengat) motor terlihat lebih sangar dan sporty abis. Oiya masing2 peletakan knalpot diatas kalau berdasarkan pabrikan diatas sudah di riset ya jadi sudah di pastikan lebih bertenaga ,oiya satu lagi masing2 peletakan knalpot diatas punya kelebihan dan kekurangan sendiri2 yang tidak bisa di samakan

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP