sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Ganti Knalpot Apa Perlu Setting ECU?

2 min read

Halo bro sekalian ketemu lagi sama mimin knalpotracing.co.id kali ini mimin mau sedikit membahas mengenai apakah kita perlu melakukan settingan pada motor saat menggunakan knalpot racing …? jawabannya tentunya butuh banget ,karena hal ini berhubungan dengan konsumsi bbm yang masuk ke ruang bakar , so buat mas bro yang sudah penasaran yuk baca terus tulisan saya dibawah ini.

Membuat motor agar menjadi lebih bertenaga cara yang paling gampang di lakukan adalah dengan mengganti knalpot standard orinya dengan menggunakan knalpot racing yang bermerek dan jam terbang dalam dunia balap sudah tidak diragukan lagi , contohnya merek2 yang terkenal dalam dunia balap yaitu knalpot creampie, wrx , rob1 ,dan lain sebagainya.

Baca juga

Sedangkan untuk knalpot yang cocok digunakan buat harian bisa menggunakan knalpot tridente karena knalpot tersebut bisa di setel2 suaranya sesuai dengan keingnan kita ,ada 3 pilihan mode antara lain mode standard (Suaranya adem menyerupai knalpot standard) , Mode Street (Biasanya digunakan untuk touring , yang tidak terllau berisik dan juga tidak terlalu adem) dan mode racing (Suaranya lebih gahar ,ngebas, mantab jiwa)

OK lanjut pembahasannya mengenai topik diatas , jadi penggantian knalpot racing emang harus di barengi dengan setting pada sistem pengabutan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, tujuannya agar power tenaga motor lebih maksimal , kalaupun tidak di setting efeknya biasanya suara knalpot akan nembak2 , kemudian ada beberapa type motor seperti gsx r 150 itu di prm 2000 an suara knalpotnya jadi brebet tapi di rpm atas normal, jadi brebetnya hanya di rpm 2000 an . Untuk itu perlunya di setting untuk pasokan bbmnya yang masuk ke ruang bakar. Untuk caranya ada beberapa metode diantaranya untuk motor merek yamaha biasanya bisa dengan menaikan setelan co , tapi jika motor mas bro tidak bisa di setel conya maka mau tidak mau harus mengganti ECU Standard engan menggunakan ECU Racing misal menggunakan juken 5 dari brt.

Cara Setting Motor Pake Knalpot racing

 

Untuk melakukan setting mesin motor yang sudah menggunakan knalpot racing ini ada beberapa metode /cara antara lain sebagai berikut ini

Motor Karburator

Untuk motor karburator settingan yang perlu di perhatikan adalah setelan aliran udara , kemudian setelan menaikan spuyer main jet 1 atau 2 step sesuai dengan kebutuhan mesin motormu.

Penyempitan pada aliran udara di lubang karbu melalui setelah sekrup udara bertujuan agar mesin tidak gampang meledak/nembak2 ketika grip gas di turunkan. Knalpot Nembak nembak itu disebabkan karena knalpotnya sudah tidak standard ori lagi tapi knalpotnya sudah free flow (plong) jadi besin yg masuk ke ruang bakar sedikit tapi pasokan udara yang masuk lebih banyak . Jika pasokan bensin agak di boroskan sedikit maka letupan/nembak nya jadi berkurang.

Motor Injeksi

Sedangkan untuk motor injeksi mas bro bisa melakukan dengan menaikan jumlah co dan hc untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar melalui alat FI DIAGNOSTIC TOOL, alat ini biasanya di miliki oleh bengkel2 yamaha tapi beberapa bengkel umum juga ada yang memiliki.

Baca Juga :

Untuk motor yang tidak bisa di setel co maka cara yang bisa di lakukan adalah dengan mengganti ECU standard menggunakan ECU racing , sebagain contoh motor gsx r 150 , motor tersebut tidak bisa di setel co untuk menaikan pasokan bbm yang masuk ke ruang bakar ,jadi mau tidak mau harus ganti ecu racing. Dengan mengganti ECU racing maka motor tidak brebet lagi.

Dengan menggunakan ECU racing mas bro bisa mengatur bbm yang masuk ke ruang bakar, kemudian bisa menyetel batas limit rpm , dan masih banyak lagi lainnya.

 

sutopo Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP