Apa itu Knalpot Full System,Slip On,Muffler, Silincer, Header, dan DB Killer

Posted on

Hallo bro sekalian jumpa lagi sama mimin www.knalpotracing.co.id , nah kali ini mimin mau jelasin kepada kalian semuanya mengenai istilah istilah dalam dunia per knalpot racing contohnya kayak kita pernah mendengar istrilah , knalpot full system , silincer knalpot racing , db killer, terus slip on , dll SO yang sudah penasaran langsung saja cek penjelasan  dibawah ini yak.

Pada motor motor jaman dahulu umumnya knalpot standard pabrik itu hampir menjadi satu kesatuan maksudnya adalah knalpotnya tidak ada sambungannya , misalnya seperti knalpot merek honda supra fit, supra x, honda win , suzuki smash , jupiter z dan masih banyak lagi lainnya yang masih menggunakan sistem pengabutan karburator dan umumnya knalpot2 zaman dahulu tidak ada sambungan /tidak bisa dilepas, berikut ini contoh penampakannya yang terdapat pada motor honda WIN .

Coba mas bro perhatikan , knalpot2 motor jaman dahulu tidak bisa di lepas,alias langsung menyatu jadi satu kesatuan , beda banget dengan sekarang di era motor injeksi , sebagian motor udah bisa slip on , alias bisa di lepas.contohnya motor honda new cb 150 , honda new cbr 150 , yamaha r25 , ninja 250 FI  dan masih banyak lagi lainnnya.

Lalu apa itu sih itu knalpot Slip ON …? kita bahas sedikit aja ya :v nanti detailnya ada dibawah.

Knalpot Slip On adalah knalpot yang bisa dipasang di leheran knalpot standard pabrik tanpa merubah apapun ,  jenis knalpot slip on ini biasanya terdapat pada motor 250 cc 2 silinder, sedangkan untuk 150 cc jarang sekali ada. Kebanyakan adalah knalpot Full system. Yuk lanjut lagi pembahasannya.

Kemudian istilah silincer knalpot ini mulai muncul di era  motor injeksi . Selain itu knalpot racing saat ini sudah banyak dijual dipasaran ada yang dijual slip on , silincer only , sama full sytem. Perlu di ketahui juga bawah knalpot yang ada di motor ternyata mempunyai nama perbagiannya masing masing, salah satunya yaitu silincer, header, db killer dan full system. Sebagian orang menganggap kalau silincer itu adalah knalpot , memang tidak salah sih karena silincer tersebut bagian dari satu kesatuan knalpot , lalu apa itu yang dinamankan silincer knalpot motor …?

Secara garis besar knalpot terdiri dari 2 bagian , yang petama yaitu pada bagian depan orang menyebutnya leher knalpot/ pipe exhaust dan pada bagian belakang orang sebut silincer/ muffler.

Coba mas bro perhatikan knalpot racing merek 3tech dibawah ini , yang saya kasih tanda panah no 1 itu artinya silincer, kemudian mas bro perhatian tanda panah yang saya kasih no 2 , itu dinamakan dengan leheran/header, sedangkan yang dinamakan full system adalah lengkap mulai dari leheran sampe dengan silincernya .

Jadi sampe sini sudah paham ya mengenai istilah tersebut :v Jika blm paham saya akan bahas lebih detail lagi

1. Apa itu Knalpot Slip ON  , Silincer dan Muffler

Membahas tentang istilah tersebut dalam dunia per knalpot an , sebenarnya mempunyai arti yang berbeda namun tertuju pada benda yang sama, Coba mas bro perhatikan pada gambar knalpot 3tech racing evolution diatas yang terpasang di motor ninja 250 Fi 2018.

Pada bagian yang saya kasih tanda panah dari bagian belakang sampe tengah itulah yang di maksud dengan slip-on, silincer, dan muffler .

Knalpot Slip ON adalah Bagian knalpot hanya separuh aja (cuman terdapat silincer dan sambungan ke leheran ori standard pabrik motor ) .

Sedangkan Silincer atau Muffler adalah Merupakan komponen knalpot yang mempunyai fungsi untuk meredam suara dari hasil gas buang motor dan juga mengurangi polusi udara .

Sementara slip-on  itu cuman istilah produk tambahan after market yang tujuanya biar pengguna bisa gonta ganti knalpot tanpa harus mencopot leheran /header bawaan pabriknya . Cocok buat yang suka gonta ganti knalpot.

2. Apa itu Knalpot Full System

Istilah knalpot Knalpot Full System seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi yaitu bersifat satu set, mulai dari header hingga silincer . Jadi pembeli tinggal pasang aja .

Kenapa sih kalau beli knalpot biasanya harus membeli  full system? kan beli slip onnya saja bisa..? Jawabannya tentunya setiap pabrikan knalpot dalam membuat leheran biasanya sudah di riset untuk performa biar bisa keluar tenaganya secara maksimal dan disesuaikan dengan kampasitas mesinnya. Selain itu juga bobot motor jauh lebih enteng karena knalpot racing yang full system biasanya memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan knalpot standard pabrik

Efeknya, tentunya tarikan akselerasi lebih ringan , bobot motor ringan , material yang digunakan tidak mudah karatan jika bahan menggunakan stainless steel , dan tentunya motor menjadi lebih ganteng

4. Apa itu Header , link pipe

Link pipe atau bisa juga disebut dengan pipa penyambung, sedangkan header /leheran artinya juga sama , penyambung gas buang dari lubang head menuju silincer knalpot . Header atau leheran juga dijual terpisah dan umumnya setiap motor memiliki lekukan leheran yang berbeda beda jadi kalau beli motor vixion ya pake leheran vixion , jangan beli knalpot vixion tapi yang dikrim leheran satria yo gak masuk pak eko wkwkwk

5. Apa itu DB Killer

DB Killer adalah komponen knalpot racing yang berfungsi meredam suara knalpot agar lebih kecil suaranya dan halus atau berfungsi juga mengontrol noise suara knalpot, umumnya db killer bentuknya kecil dan adal lubang lubangnya.
DB singkatan dari desibel.

Beberapa knalpot racing yang di jual dipasaran biasanya di lengkapi dengan DB killer, tapi untuk knalpot tridente tidak memerlukan lagi db killer karena untuk mode standardnya masih dibawah 80 db untuk motor 150 cc Jadi masih sesuai Aturan standar Euro,

Gravatar Image
Gondes Motovlog adalah blogger dan motovlogger yang suka menulis dan ngedit video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *